History

Sejarah berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata Manado

STP Manado adalah salah satu lembaga pendidikan tinggi yang dikelola oleh Yayasan Bina Pratama, didirikan sejak tanggal 03 April 2003 dengan Akte Notaris No. 01 melalui notaris profesional Grace D. Kaseger, SH.
Bermula dari gagasan membangun dan mencerdaskan kehidupan bangsa, maka yayasan Bina Pratama yang berorientasi di bidang sosial mengembangkan suatu kerjasama dengan industri pariwisata yang bermuara pada pengelolaan pendidikan tinggi. Karena dari sinilah sumber daya manusia dibentuk mulai dari kepribadian serta kedisiplinan yang tinggi untuk membangun pariwisata menjadi sektor unggulan bagi pembangunan daerah Sulawesi Utara.
Dengan berkembangnya pariwisata secara global, Yayasan Bina Pratama melakukan terobosan baru di tengah persaingan yang ada dengan mengusulkan kepada Menteri Pendidikan Nasional suatu proposal pengajuan pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata Manado. STP Manado menjadi yang pertama di Indonesia Timur.
Dari berbagai pengalaman serta hasil Feasibility Study yang dilaksanakan sebelumnya, diketahui bahwa lapangan pekerjaan untuk sektor pariwisata saat ini masih sangat luas dan belum dikelola secara maksimal. Oleh karena itu, Yayaan Bina Pratama merasa terpanggil untuk turut berperan serta untuk pembangunan manusia Indonesia dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pembinaan generasi muda melalui pendidikan tinggi, yang diharapkan dapat turut serta mengisi pembangunan lewat penyediaan sumber daya manusia yang handal dan berjiwa Enterpreneurship, yang mampu bersaing di era globalisasi saat ini.
Setelah melalui studi kelayakan dan kerjasama industri, diajukan proposal yang disusun secara matang dan teliti hingga pada akhirnya tanggal 09 Juli 2003 melalui SK MENDIKNAS No. 105/D/0/2003 dikeluarkan ijin penyelenggaraan pendidikan tinggi pariwisata jalur Diploma IV setara dengan Strata I (S1) dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata Manado dengan dua program di masa yang akan datang.
Dengan demikian, para lulusan akan menjadi manusia yang profesional dan tangguh, mampu berkompetisi baik secara regional, nasional, maupun internasional.


Leadership Quote of the Day

The gadget you added is not valid